Tanggal 28 July 2010. Kejadian ini dimulai pukul kira-kira 14.50 dengan berderingnya handphone Danis. “Krrrrriiinnnggggg……” terus Danis anggkat deh tu telepon, ternyata dari Bos kita, Ka Rudy. “Oke Ka, iya” jawab Danis. Tanpa pikir panjang Danis langsung kasih tau kabar ke Mini bahwa dia dapet job buat nganter yoghurt ke botani square (boker) dari Ka Rudy sekarang juga. Mini langsung meng-iyakan setau dia yang mau di anter cuma beberapa botol yoghurt dan susu kambing segar, jadi bisalah dia anter sendiri.

Usut punya usut tapi ga kusut, Danis dan Kokom telah menyiapkan yoghurt dan susu sesuai pemesanan. Sementara Mini ada diluar lab pengolahan, gw (Komal) masuk ke lab tuh, pas gw liat….. idiihhhh busyettttt banyak amir, emang Mini bisa yah bawa segini banyak sendiri (langsung gw berpikir….ummmhhhhh kasihan Mini, sabar yah, Min). Gw langsung keluar dari lab, terus nanya ke Mini, “eh Min, lo bisa bawa sebanyak itu?” sambil nunjuk ke lab pengolahan. Mungkin karena penasaranx Mini masuk ke lab juga. Dia hanya diam terpaku ga bisa ngomong apa-apa setelah ngeliat bawaan yang harus dibawa. Mungkin dalam hatinya Mini, dia berkata “Et dah, yang bener aje, yoghurt ma gw aje gedean yoghurtnya, gimana gw bisa bawa” (maaf ya Min ini hanya dramatisasi..hehe).

Dengan muka pasrahnya Mini hanya terdiam, susah untuk mengatakan “TIDAK”. Namun setelah pikir panjang akhirnya keluar juga kata-kata itu dari mulut Mini, “Ummhhh Mba Nurul kayax saya ga bisa de bawa sendirian soalnya ada 2 kantong gede gitu” sahut Mini memelas. Untung Mba Nurul juga berpikran seperti itu, lalu berkata “iya harusx berdua jangan sendiri”. Deeegggggg……mendengar Mba Nurul ngomong gitu muncullah perasaan ga enak di batin gw. Hadoh-hadoh bisa-bisa gw nih yang jalan ma Mini (dalam hati gw terus bimbang, kalo ga dibantu, Mini kasihan *angel version*, kalo dibantu entar gw pulangx kejauhan dong *evil version*). Mata gw celingak-celinguk berharap ada jalan keluar dan ada seseorang malaikat yang ngebantu Mini nganterin pesanan, namun hal itu sia-sia, tak seorang pun mau menawarkan dirinya untuk ikut serta dengan Mini.

Alhasil gw pergi berdua ma Mini ke Boker. Diperjalanan, sebenerx gw malu, kenapa malu???? Soalx gw diboncengin sama Mini, mungkin orang-orang sekitar yang ngeliat kita (Gw ma Mini) beranggapan  “aje gile ne cowo, masa cewe yang dibiarin nyetir, udah mana yang diboncengin gede banget…ckckckckck”. Andai saja orang itu ngomong di depan gw, langsung gw solotin tuh orang “Eh Mba/Mas saya juga ngerti kalo teman saya kecil tapi apa kalian tidak mikir kalo saya ga bisa naik motor, ujung-ujungx nanti ngerugiin kalian juga, gimana kalo saya ga sengaja nabrak kalian, apa kalian mau??? Hhuh dasar” (ngebela diri..hihihi *kapan ya gw bisa mahir naik motor? Trauma kecelakaan itu masih berbekas ternyata*).

Perjalanan terus berlanjut, selama 1 jam (lagi macet jadix lama) gw menahan dinginx yoghurt di atas paha gw. Keadaan ini sungguh bertolak belakang, di atas dingin (karena yoghurt dingin) tapi di bawah panas (pant*t gw panas gara-gara kelamaan duduk di motor). Akhirx tiba juga kita di boker. Toko yang mesen ada di depan mall tapi kita parkir motor di belakang mall, alhasil kita tenteng-tenteng tuh yoghurt ke dalem. “Min malu-maluin banget yah kita ke mall malah bawa-bawa ginian, ditenteng-tenteng lagi” sahut gw. “iye, awas aje kalo ada temen gw ngeliat, malu banget gw” jawab Mini, “hahahahahaha…” ketawa deh tuh kita berdua jadix.

Setelah belok kanan, belok kiri, naik ekskalator, lurus terus, belok kanan lagi, akhirx sampe juga kita di tempat tujuan pertama “toko melati” (kita sebut saja begitu, kaya korban pemerkosaan yah..hehehe). “Mba kita mw anter yoghurt” sahut kita di depan kasir. “oh iya… dari Darul Fallah yah” jawab mba cantik itu (hahahah cantik cuy orangx). Gw n Mini langsung ngasih pesenan itu sambil misahin pesanan kedua. “ya udah tunggu dulu yah, kita maw cek dulu” kata maba cantik itu. Kita tunggu sekitar lima menit, lalu tiba2 ada seorang pelanggan ibu2 datang ke kasir, trus dia mw bayar pas mw bayar dia buka dompetx…..dannnn jreepppp mata Mini langsung tertuju pada dompet si Ibu, dalam hati Mini “waduuuuhhhh tuh kartu kredit banyak amat, Bu. Bagi napa satu” *muka mupeng…hahahaha.

Setelah tujuh menit kemudian, salah seorang Mba berjilbab (pegawai toko itu juga) bawa beberapa botol yang dibungkus plastic putih. “ini Mas ada yang RETUREN yah” kata mba berjilbab. Haaahhhh returen apaan tuh? *dalam hati gw, gengsi kalo ga tw. Gw langsung menatap mini, “returen????”. Ternyata mini juga ga tw. O wow, jangan jangan itu rusak gara-gara kita yang anter. Gw ma mini ud masang muka bersalah gitu. “Aduh, mba saya ga ngerti, saya ma cuma disuruh nganter aja” jawab gw rada ngeri dan memelas. “Oh ini dikembalikan gara-gara kadaluarsa” kata Mba cantik. “Masa Mba!!!, tapi bukan yang kita anter kan?” jawab Mini. ‘bukan ini yang dahulu pernah dikirim” sahut mba cantik. Aduuhhh thanx God, kita pikir itu dikembaliin gara2 rusak ma kita. Dan ternyata returen artix itu, *dengan pasti yakin jadi ada pembelajaran istilah2 bisnis. “ini mas, nota returenx” kata mba cantik sambil ngasi nota ke gw u/ ditanda tangani, trus dia pergi ngecek barang lagi (kasir kosong). Pas gw liat tu nota, gw baca dari atas ke bawah dan terdapat tulisan nota “RETURN”. Jiaaaaaaahhhhhh,,,,, return=returen??????… gw langsung ketawa n bilang ke Mini. “Min liat dah, ini Return bukan returen, klo dibilang return gw mah ngerti, mbax gimana sih”….hahahahhahahha langsung gw ma Mini ngakak abis *sebenerx yang bego itu kita apa mbax sih?????

Tempat satu telah berlalu lanjut ke tempat kedua >>>> “café mawar” (kita sebut saja demikian). Lalu kita masuk ke kawasan kafe tersebut. Mungkin gara2 muka kita ga meyakinkan penjaga pintu kafe tersebut (soalx udah kucel banget, gembel aja kalah kali..hahha), penjaga pintu tersebut kaya ogah-ogahan bukain pintu buat kita. “mas mw nanya kalo toko mawarx dimana ya?”tanya mini (dikirain kita nganter ke toko bukan ke kafe)“. Mas2x bingung, situasi jadi canggung “ga mas kita mw nganter yoghurt” kata gw. “oh yoghurt strawberry? Langsung aja kesamping”. “oke’ sahut kita. Ternyata disamping ada pintu bertuliskan ‘selain pegawai dilarang masuk’, dalam hati gw, bener ga sih yang ini. eh untungx ada mba2 yang bukain pintu, “yoghurt yah”. “iya mba” langsung Mini kasih yoghurt ke mbax. “tunggu sebentar yah”. 3 menit mbax masuk dan membawa uang serta notax “makasih yah” sahut mbax. “iya sama2’ sahut Mini sambil mengambil nota dan uang pembayaranx. Setelah beberapa langkah dari pintu tersebut mini langsung ngomong “jiaaahhh uang anterx mana masa ga dikasih”….*Gubraaakkk….hadoh2 dasar Mini…..

Setelah tugas selesai Mini mw beli roti di bread talk. Wuiihhh enak neh kayax tapi sayang gw ga bawa duit, tapi untungx Mini baik sama gw. Gw dibeliin juga akhirx…hehehe makasih ya Mini. Memang kejadian dimasa praktek lapang itu memang menarik, kita jadi tau gimana sebuah perusahaan me-manage perusahaanx. Dan cerita di atas merupakan sepenggal pengalaman yang menarik bagi gw khususx di masa-masa praktek lapang ini. Ayo teman2 semangat yah PLx kalo yang belum selesai, yang udah selesai cepet2 dah kerjain laporanx…heheheheh…. Oke sekian dulu cerita gw. Makasih yah kalo ada yang baca sampe habis *sadar kalo ceritax kepanjangan…hhehehe =D*.

THE BEGIN

Masa liburan telah tiba, seperti biasa anak-anak merayakannya dengan penuh suka cita. Kepenatan di sekolah terabaikan, tidak ada lagi tugas yang harus dikerjakan, tidak ada lagi pengejekan oleh teman yang membenci, dan mungkin yang paling ditunggu mereka adalah tidak terdengarnya lagi jeritan sang guru yang mengomel. Mereka merayakan dengan bersuka cita bersama keluarga, mengunjungi tempat-tempat wisata, bermain air di pantai, atau mengunjungi nenek di kampung halaman yang asri. Semua keluarga pasti telah memiliki rencana dalam mengisi liburan kali ini,

Lain halnya dengan kembar kakak-beradik, Rhoeo dan Zebrina. Mereka hanyalah anak-anak yang menghabiskan waktu luang dengan mengerjakan sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Waktu liburan adalah waktu yang mereka tunggu-tunggu, karena liburan bagi mereka adalah ladang uang untuk mendapatkan penghasilan lebih. Rheo dan Zebrina merupakan anak yatim piatu yang tinggal di pelosok desa yang bernama desa Alisma bersama nenek mereka.

Desa Alisma dikelilingi oleh tiga desa, desa Potamo di utara, Butoma di barat, Posidon di timur dan hutan Gerbera di selatan. Desa ini memiliki lingkungan yang asri, pohon-pohon menjulang tinggi, lahan-lahan pertanian dimana-mana, sedikit berbukit, serta masih dipenuhi dengan padang rumput yang hijau. Hal inilah yang menyebabkan kehidupan di desa Alisma tergolong teratur dan nyaman dengan udara yang segar. Tak heran mengapa banyak pendatang dari desa Potamo yang bermigrasi ke Alisma untuk mendapatkan hidup yang lebih layak karena desa Potamo adalah desa dengan suhu terpanas diantara desa lainnya yaitu 44°C.

Rhoeo adalah kakak laki-laki yang memiliki tanggung jawab terhadap adik perempuannya. Zebrina pun sangat sayang kepada kakaknya karena bagi ia, Rhoeo sepeti sosok seorang ayah walaupun ia tidak pernah tahu sosok ayah seperti apa sebenarnya. Umur Rhoeo dan Zebrina hanya terpaut lima menit tepatnya saat ini 14 tahun 5 bulan, 23 hari, 19 jam, 47 menit untuk Rhoeo, sedangkan Zebrina 14 tahun, 5 bulan, 23 hari, 19 jam, 42 menit.

Rhoeo adalah tipe anak laki-laki berbadan sedang, tinggi melebihi rata-rata anak se-usianya, berkulit putih, memiliki lensa mata berwarna ungu, rambut lurus berwarna hitam berkilau dengan panjang rambut seperti anak laki-laki biasanya, serta memiliki raut wajah tampan, tidak heran banyak para saudagar dari kota menawarkan dirinya untuk menjadi anak angkat. Ia selalu menolak dikarenakan jika ia diangkat menjadi anak dalam suatu keluarga, keluarga itu juga harus mengangkat Zebrina sebagai anaknya. Lain halnya dengan Zebrina, ia merupakan tipe gadis mungil, memiliki paras cantik, berkulit putih, memiliki lensa mata berwarna biru, rambut tersibak memanjang hingga ke panggul. Ia sering kali mengenakan bandana berwarna jingga dikepalanya, ia terlihat tomboy karena selalu mengenakan dandanan ala laki-laki, ia ingin sekali terlihat gagah dan kuat seperti kakaknya walaupun ia tahu, ia hanyalah seorang gadis yang sebenarnya memiliki kelemahan di dalam dirinya.

Semenjak kecil Rhoeo dan Zebrina selalu bersama-sama didalam suka maupun duka. Mereka merasa Tuhan telah memberikan yang terbaik untuk mereka, jadi tidak ada penyesalan sedikitpun yang keluar dari mulut mereka. Mereka menerima apa adanya walaupun terlahir ke dunia tidak pernah melihat kedua orang tua mereka. Nenek Ulmus-lah yang telah merawat mereka dari kecil hingga sekarang. Nenek Ulmus adalah figur kedua orang tua bagi Rhoeoo dan Zebrina. Nenek Ulmus sekarang telah berusia 89 tahun, namun tubuhnya yang mungil dan mulai melemah tidak menghalangi ia untuk menjalankan aktivitasnya yaitu membuat morus. Morus adalah ciri khas dari desa Alisma yaitu sepasang benda pengikat janji seseorang terbuat dari lilitan kayu muda tectona dan untaian bunga edelweiss, yang dikenakan di leher bagi pengikrar janji dan dikenakan di jari bagi penerima janji.

Nenek Ulmus selalu bercerita kelak Rhoeo dan Zebrina akan menjadi seorang yang memiliki pengaruh besar pada dunia ini. Rhoeo dan Zebrina selalu bingung mendengar ramalan dari nenek Ulmus tentang pengaruh mereka terhadap dunia, mereka hanya beranggapan bahwa mereka adalah seorang yang biasa-biasa saja. Rhoeo dan Zebrina tetap tidak percaya ramalan neneknya, walaupun warga desa telah memberikan cap kepada nenek Ulmus sebagai cenawang dan pembuat morus terhebat di desa Alisma. Nenek Ulmus selalu memberikan penerawangan kejadian masa depan khususnya yang akan terjadi di desa Alisma. Banyak penerawangan nenek Ulmus yang benar-benar tejadi, tak heran mengapa banyak warga desa yang meminta nasihat kepada nenek Ulmus sebagai langkah antisipasi.

***

Awan hitam menutupi desa Alisma, pertanda musim hujan akan segera dimulai. Rhoeo berlari menuju rumahnya memegang secarik kertas putih yang mulai lusuh. Lonceng pintu rumah yang tepat berada di atas pintu bergemerincing ketika Rhoeo membuka pintu tersebut dengan tergese-gesa.

“Zeb, dimana kau?”, teriak Rhoe ketika memasuki rumah.

Rhoeo menuju ke ruang tamu, ia melihat nenek Ulmus sedang sibuk membuat morus. Dengan tatapan setengah bingung, nenek Ulmus bertanya pada Rhoeo “Ada apa, Rho?”. Rhoeo langsung mengibaskan kertas yang ia genggam, “Dimana Zebrina,Nek? Aku ada kabar baik untuk kita”, kata Rhoeo dengan penuh semangat. Senyum Rhoeo mengundang tanda tanya besar bagi nenek Ulmus.

“Kabar baik apa Rho?”, tanya nenek Ulmus

“Lihat ini, Nek”, Rhoeo memeberikan secarik kertas yang ia genggam ke nenek Ulmus.

Nenek Ulmus berusaha membaca tulisan yang tertera pada kertas itu dengan menjauhkan kertas itu dan menyipitkan matanya. Segera ia mulai membaca ketika tulisan itu terlihat pas oleh pandangan matanya. Secarik kertas itu tertulis,

SAYEMBARA

Hanya untuk para pemberani

Akan dilaksanakan lomba penjinakan Gynura

Siapa saja dapat ikut serta

Dengan konsekuensi bahaya ditanggung peserta

Hadiah berupa 5000 Rupdo

diadakan di Doom Vet pada saat malam gerhana bulan

Tertanda Tamer No.1

Lodoice

“Sayembara penjinakan gynura?”, tanya nenek Ulmus dengan gugup.

“Iya Nek, dengan mengikuti sayembara tersebut kita dapat memperoleh uang 5000 Rupdo. Apabila aku atau Zebrina yang menang kita dapat memenuhi kebutuhan kita selama 2 bulan”, seru Rhoeo dengan penuh semangat.

“Apa kamu yakin?, gynura itu bukan hewan yang mudah untuk dijinakan”.

“Nenek tidak akan rela jika kamu atau Zeb terluka hanya gara-gara ini” seru nenek Ulmus.

“Tenang saja Nek, aku dan Zeb sudah terbiasa dengan hewan ini. Apalagi Zeb, ia sangat hebat dalam penjinakan hewan. Nenek ingat saat Zeb berumur 10 tahun, ia dapat memeluk seekor gynura liar yang berasal dari hutan. Jadi Nenek tak usah khawatir, kami akan baik-baik saja” Rhoeo meyakinkan nenek Ulmus.

“Kau mirip dengan ayahmu, selalu yakin dengan kemampuannya. Nenek hanya berharap yang terbaik untuk kalian”

“Jadi Nenek mengizinkan kami untuk mengikuti sayembara ini?”

Nenek Ulmus tersenyum “Baiklah cucuku, tetapi dengan satu syarat, nenek tidak mau melihat diantara kalian ada yang terluka”.

“Percayalah padaku Nek kami akan baik-baik saja” Rhoeo bersikuku.

“Oh ya aku hampir lupa, dimana Zeb, Nek?”

“Ia ada di tebing ostrich sedang mencari bunga edelweiss”

“Baiklah aku akan segera menemuinya sekarang, Nek” pamit Rhoeo.

“Hey, bawalah payung, langit sudah mulai mendung” saran nenek Ulmus.

Dengan membawa payung untuk antisipasi akan turun hujan, Rhoeo berlari menuju tebing ostrich yang berada sekitar 100 meter dari kediamannya. Tebing ini memiliki daya tarik tersendiri bagi desa Alisma, karena bentuknya yang mirip dengan seekor burung unta yang sedang berbaring di tanah, tak heran mengapa tebing ini dinamai tebing ostrich. Tebing ostrich merupakan tebing yang ditumbuhi berbagai macam bunga, mulai dari bunga lili, mawar, anggrek, dan masih banyak lainnya, namun yang sangat berharga di tebing itu adalah bunga edelweiss. Bunga ini tumbuh tersembunyi diantara bebatuan sehingga untuk mendapatkannya membutuhkan waktu berjam-jam untuk dapat menemukan bunga tersebut.

Suara gemuruh di langit telah terdengar, angin mulai terasa lebih kencang bertiup membuat rambut Rhoeo tersibak mengikuti arah tiupan angin. Dengan langkah cekatannya, Rhoeo telah sampai di kaki tebing ostrich yang disana terhampar berbagai macam tumbuhan yang indah berwarna-warni serta pepohonan yang begitu rindang. Ia melihat sekelilingnya, berharap dapat menemukan Zebrina. Mata ungu Rhoeo terus memandangi sekelilingnya, tiba-tiba matanya langsung tertuju ke seseorang yang menggenakan bandana jingga yang posisinya membelakangi Rhoeo kira-kira 5 meter darinya. Itu pasti Zeb, Rhoeo sangat yakin bahwa itu adalah adiknya.

Rhoeo melangkahkan kakinya menuju tempat dimana Zebrina berada. Namun ketika ia mendekati sosok Zebrina, sosok itu terlihat semakin jauh. Semakin Rhoeo mendekat entah mengapa sosok itu seolah-olah menjauh dari jangkauan matanya. Rhoeo terdiam sejenak saat melihat sosok itu perlahan-lahan mulai pudar, seperti kabut yang tertiup oleh angin. Sebelum sempat memejamkan mata ia tersentak oleh seseorang yang menepuk pundaknya dari belakang.

“Rhoeo, sedang apa kau disini?”

“Zebrina???” sahut Rhoeo kaget.

“Kau ini kenapa Rhoeo, kau seperti orang bingung?”

Rhoeo mencoba menenangkan dirinya melupakan yang baru saja terjadi, ia menarik nafas panjang “Tidak ada apa-apa, aku kemari untuk mencari kau, ayo cepat kita pulang, ada sesuatu yang ingin ku ceritakan”.

Di perjalanan menuju rumah, Rhoeo menceritakan tentang sayembara penjinakan gynura tersebut. Zebrina yang telah membawa sekeranjang kecil bunga edelweiss terlihat antusias dengan sayembara tersebut, sehingga tanpa sadar ia telah mengayun-ayunkan keranjangnya seperti halnya anak kecil berumur 5 tahun yang sedang asik bermain. Begitu tertariknya Zebrina dengan sayembara tersebut, ia tak henti-hentinya bertanya kepada Rhoeo, mulai dari hari, dimana, dan hadiah apa yang akan mereka dapatkan dari sayembara tersebut. Rhoeo hanya tersenyum melihat Zebrina yang sangat antusias dengan sayembara tersebut, di dalam benak Rhoeo, ia sangat senang melihat adiknya bersemangat akan hal ini sehingga dapat menjadikan itu sebagai motivasi baginya.

Tanpa sadar hujan turun di tengah perjalanan mereka, Rhoeo langsung membuka payung yang ia bawa. Suasana menjadi sangat gelap gulita, awan hitam telah menampakan hitamnya lebih hitam dari biasanya. Suara gemuruh petir mulau terdengar menggelegar,kilatan-kilatan petir mulai tampak dengan sinarnya yang sangat terang. Rhoeo dan Zebrina mendekatkan diri mereka berdua berharap payung yang mereka gunakan dapat menutupi tubuh mereka dari derasnya hujan yang turun.

Sesampainya di depan pintu rumah, Rhoeo mengibaskan rambutnya yang basah, sedangkan Zebrina langsung menerobos ke dalam rumah sehingga lonceng di pintu berdenting. Dentingan lonceng tersebut memberikan gambaran nenek Ulmus bahwa kedua cucunya telah kembali. Nenek Ulmus langsung bangkit dari tempat duduknya, menunda pembuatan morus untuk memastikan bahwa kedua cucu mereka yang datang. Setelah melihat Zebrina dan Rhoeo di ruang penjualan dengan keadaan basah, nenek Ulmus langsung memberikan handuk untuk mengeringkan tubuh mereka yang basah.

***

Malam hari di desa alisma sangat sunyi senyap, Rhoeo melakukan kebiasaannya ketika hatinya mulai resah dan bingung yaitu menaiki atap rumah yang  didesain datar untuk melihat keindahan langit dan bintang–bintang yang bertaburan. Rhoeo merebahkan kepalanya di bawah tangannya yang melipat. Matanya memandang bintang yang berkelap-kelip indah berataburan di segala penjuru langit. Ia mulai berpikir tentang apa yang hari ini terjadi padanya. Apakah itu hanya sebuah halusinasi ataukah sebuah pertanda?. Jika sebuah pertanda, pertanda apakah itu?. Rhoeo terus memikirkan hal tersebut, memandang langit berharap langit akan memberikan jawaban.

Mata Rhoeo tak henti–hentinya menatap langit, sekali–kali matanya menatap pemandangan desa alisma yang dikelilingi oleh tiga buah desa dan satu hutan yang tampak dari kejauhan. Pemandangan semakin indah dengan adanya kunang-kunang yang bertebangan kesana kemari. Memang desa alisma adalah desa yang sangat indah baik pagi hari ataupun malam hari. Sudah lebih dari satu jam Rhoeo berada di atap dan tanpa ia sadar matanya telah terpejam, ia tertidur.

Semakin malam suasana semakin tenang, tidak ada lagi suara manusia yang ada hanyalah suara jangkrik yang berada di semak-semak. Namun dalam tidurnya, Rhoeo dikagetkan dengan suara yang begitu keras seperti suara pecutan “TaarRR”. Rheoe terbangun, ia mencari asal suara itu dengan melihat sekelilingnya. Matanya tertuju dengan setitik sinar yang sangat menyilaukan. Semakin lama titik sinar itu semakin membesar dan semakin mendekati arah dirinya, sehingga membuat mata Rhoeo terpejam tak tahan melihat sinar itu lebih jelas lagi.

Mata Rhoeo mulai membuka perlahan karena telah merasakan intensitas silau dari sinar tersebut telah berkurang. Dalam keadaan masih bingung, Rhoeo mencoba memfokuskan penglihatannya ke arah sinar tersebut yang telah membentuk suatu sosok seorang laki-laki tua dengan rambut panjang dan jenggot panjang yang telah memutih. Sosok tersebut mengenakan jubah berwana hitam panjang sehingga menutupi semua tubuhnya kecuali wajah dan kedua tangannya. Tangannya memegang sebuah tongkat yang ujungnya melengkung seperti kait dan terlihat sudah usang. Panjang tongkat itu hampir mencapai dagunya dari tinggi tubuhnya yang hampir dua setengah meter.

Rhoeo terdiam seribu bahasa, tak percaya apa yang telah dilihatnya, ia terus mengedipkan kedua matanya berharap itu hanyalah sebuah halusinasi. Namun setelah beberapa kali ia mengedipkan matanya, sosok tersebut tidak menghilang pada akhirnya. Keringat dingin mengalir disekujur tubuhnya. Ingin ia berlari turun dari atap, namun tidak bisa seperti tubuhnya telah terpaku sehingga tidak dapat bergerak sedikitpun. Laki-laki tua itu mengacungkan tongkatnya ke arah kening Rhoeo. Tongkat tersebut menyentuh kening Rhoeo, lalu muncul cahaya dari ujung tongkat tersebut.

Mulut laki-laki tua itu berkomat-kamit seperti membaca sebuah mantra. Rhoeo menatap laki-laki tua itu, berusaha untuk mangatakan hentikan pada laki-laki tersebut. Kening Rhoeo terasa panas, beberapa saat kemudian Rhoeo mulai merasakan pusing yang amat sangat. Rhoeo seperti kehilangan tenaga, ia terjatuh dari keadaan berdiri menjadi berlutut karena tak kuat menahan rasa sakitnya. Namun laki-laki tua tersebut tetap melakukan hal tersebut pada Rhoeo sekitar tiga menit. Mulut laki-laki tua itu mulai berhenti berkomat-kamit dan cahaya disekitar ujung tongkat yang menyentuh kening Rhoeo mulai memudar. Rhoeo benar-benar kehabisan tenaga, ia merasakan tubuhnya akan jatuh dan pingsan namun ia tetap berusaha menahannya agar hal tersebut tidak terjadi. Lalu laki-laki itu berkata “Kau……….. Adalah……… Penerus…….. Baginya……”. Setelah mendengar hal itu Rhoeo langsung tak sadarkan diri.

***

Suara kicauan burung di pagi hari telah terdengar. Aktivitas desa alisma telah dimulai. Sinar matahari pagi jatuh tepat di wajah Rhoeo yang tertidur lelap di atap rumah. Kedua mata Rhoeo mulai membuka perlahan, sedikit demi sedikit matanya terbuka untuk menjaga keseimbangan cahaya yang tertangkap oleh matanya. Perlahan ia mencoba bangun, mencoba mengingat apa yang terjadi semalam sehingga ia tertidur di atap. Rhoeo memegang kepalanya, ia merasa sangat pusing. Ia mencoba mengingat kembali apa yang terjadi semalam.

Perlahan-lahan ia teringat kembali kejadian semalam yang menimpa dirinya. Rhoeo berpikir siapakah laki-laki tua itu, apa maksud kedatangannya, apa yang ia perbuat terhadap dirinya, dan apa maksud laki-laki itu mengatakan hal yang tidak dimengerti oleh Rhoeo?. Pertanyaan itu terus berputar dipikiran Rhoeo. Ketika Rhoeo sedang berpikir, terdengar suara Zebrina dari tangga yang menuju atap memanggil nama Rhoeo.

“Aku mencarimu di kamar namun kau tidak ada, kenapa kau tertidur di atap Rho?” tanya Zebrina bingung.

“Ummhh…. Aku mungkin kelelahan jadi ketika aku memandang keindahan malam, aku jadi tertidur tanpa ku sadari” jawab Rhoeo tidak ingin mengatakan hal yang sebenarnya.

“Ohhh… jadi begitu, baiklah nenek telah membuatkan kita roti untuk sarapan, segera turun ya, kutunggu di meja makan” sahut Zebrina sambil meninggalkan Rhoeo di atap.

“Ok, aku akan turun sebentar lagi” jawab Rhoeo sambil merapikan tatanan rambut dan bajunya yang berantakan.

Sesampainya di meja makan Rhoeo langsung menempati kursi yang berhadapan dengan nenek Ulmus. Nenek Ulmus terlihat lebih segar pagi hari ini pikir Rhoeo. Rhoeo langsung mengambil segelas susu yang ada di hadapanya. Dalam sekejap susu itu langsung habis Rhoeo minum, lalu ia mengambil sepotong roti isi telur dengan mayonais. Nenek Ulmus memperhatikan Rhoeo dengan aneh, karena tidak biasanya Rhoeo makan secepat itu. Lalu nenek Ulmus memulai perbincangan.

“Rho, nenek tidak mau lagi melihat kau tidur di atap, nanti kau bisa sakit”

“Iya Nek, Rho  hanya kelelahan sehingga tertidur di atap” jawab Rhoeo sekenanya.

“Kenapa kau makan sangat cepat hari ini, kau tidak sepeti biasanya?”

“Mungkin aku sangat lapar, Nek” jawab Rhoeo dengan tersenyum.

Zebrina yang tidak ingin seperti orang tak dikenal dalam keadaan seperti ini, ia mulai menyela pembicaraan nenek Ulmus dengan Rhoeo.

“Rho, lusa adalah malam gerhana, apakah kau sudah siap untuk mengikuti sayembara itu?” tanya Zebrina.

“Aku selalu siap, kau tenang saja, kita pasti bisa menghadapi sayembara tersebut” jawab Rhoeo dengan percaya diri. Zebrina hanya tersenyum kecil melihat kakaknya yang terlalu percaya diri.

Setelah sarapan Rhoeo dan Zebrina membantu nenek Ulmus untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk perakitan morus. Mereka merapikan edelweiss yang berserakan dan menyusun kembali kayu tectona menjadi susunan yang rapi. Ketika mereka sedang sibuk merapikan segala hal, terdengar lonceng pintu berbunyi, tanda seseorang telah memasuki rumah mereka. Zebrina langsung menuju pintu depan untuk mengetahui siapa yang datang. Setelah sampai di ruang depan Zebrina langsung menyapa kedua orang yang telah datang. Ternyata dua orang ini adalah sepasang suami-istri baru yang ingin menggunakan morus untuk mengikat janji. Zebrina memanggil nenek Ulmus yang berada di ruang keluarga bahwa ada dua orang yang ingin menggunakan morus. Segera nenek Ulmus menghampiri kedua orang tersebut.

Nenek Ulmus lalu menyiapkan ritual pemasangan morus kepada kedua orang tersebut. Nenek Ulmus membuat lingkaran di lantai dan segera menyuruh kedua orang tersebut memasuki lingkaran tersebut. Rhoeo dan Zebrina hanya memandang dari sudut ruangan, melihat ritual yang akan dilakukan oleh nenek Ulmus. Sebelum membaca mantra nenek ulmus bertanya nama mereka, dan mereka memberi jawaban bahwa nama mereka adalah Musa dan Maya. Musa adalah pengikrar janji dan Maya adalah penerima janji. Nenek Ulmus segera memasangkan kalung morus untuk Musa dan cincin morus untuk Maya. Nenek Ulmus langsung membacakan mantra permulaan. Mata nenek Ulmus terpejam dan mulunya berkomat-kamit membacakan sebuah mantra yang hanya dimengerti oleh ia sendiri. Lingkaran yang mengelilingi kedua orang tersebut tiba-tiba mengeluarkan sinar putih.

Nenek Ulmus membuka matanya seraya berkata, “Musa utarakan janjimu”. Mendengar hal itu, Musa langsung mengutarakan janjinya sambil menatap mata dan memegang kedua tangan Maya, “Aku akan selalu setia menjaga Maya dalam suka dan duka hingga ajal menjemput dan aku akan selalu menjadikannya wanita tercantik bagiku, anak-anakku serta cucu-cucuku kelak”. Usai Musa mengutarakan janjinya, Maya meneteskan air matanya dan berkata, “Aku menerima janjimu”.

Setelah mendengar perjanjian tersebut, nenek Ulmus membacakan mantra penutup yang kali ini dapat dipahami oleh semua orang. “Demi dewa pengikat janji, janji suci abadi, berikan roh para pengikat janji, masuk ke dalam jiwa mereka, dan biarkan janji mereka kekal untuk  selamanya”. Setelah mengucapkan mantra tersebut, sinar yang mengelilingi lingkaran ritual secara tiba-tiba hilang. Hal ini menandakan bahwa ritual telah selesai. Setelah ritual, nenek ulmus mengingatkan mereka berdua bahwa, jika pengikrar janji melanggar janjinya maka morus yang mereka gunakan akan putus atau hancur, sehingga penerima janji dapat mengetahui bahwa pengikrar janji telah melanggar janjinya.

***

Pertama-tama terima kasih kepada kalian semua yang telah membuka site blog saya. Ini adalah tulisan pertama saya yang bertema fantasy, tulisan ini bercerita tentang lima sahabat yang ingin merubah dunia menjadi lebih baik. Peran utamanya adalah Rhoeo dan Zebrina yang merupakan saudara kembar yang memiliki kekuatan berbeda-beda. Rhoeo memiliki kekuatan seeorang “mage” dan Zebrina memiliki kekuatan “tamer”, kekuatan yang mereka miliki akan merubah mereka dari seorang remaja biasa menjadi seorang yang sangat penting di dunia,  dengan kekuatan mereka dapat mencegah kegelapan dan kehancuran di dunia.  Dalam perjalanan petualangannya mereka akan bertemu 3 sahabat lainnya yang memiliki kekuatan berbeda-beda. 5 remaja inilah yang dapat mencegah kehancuran dunia dengan penggabungan dari kelima kekuatan mereka masing-masing. Cerita ini akan dibumbui oleh persahabatan yang kental, senang, sedih, kematian, logika, perasaan, hingga percintaan.

Mudah-mudahan kalian senang membacanya. Saran dan kritik sangat berguna bagi saya, maka jangan ragu-ragu untuk menuliskan comment-nya.

Best Regards,

_KmL_

Saat berada pada suasana yang bising, kerap kita merasakan dengungan pada telinga kita. Mungkin hal itu dirasa sepele karena selang beberapa detik sesudahnya, telinga kita akan normal kembali (recovery). Itu sangat alami.

Namun, kita harus hindari jangan sampai sering mengalaminya. Keseringan munculnya dengungan karena kebisingan tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada organ pendengaran kita. Peringatan itu disampaikan Ratna D Restutu, Sekretaris Komisi Nasional Pencegahan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT).

“Kalau kita mendengar ada dengungan di telinga, itu berarti ada sinyal soal gangguan yang bisa terjadi pada alat pendengaran kita. Memang ada recovery. Tapi kalau terjadi terus menerus, telinga tidak akan bisa recovery lagi,” kata Ratna di sela-sela acara Simposium Telinga Sehat Menjamin Pendengaran Optimal dan SDM Berkualitas di Hotel Aston Atrium Senen, Jakarta, Sabtu (1/3).

Ratna menjelaskan secara anatomi telinga manusia memiliki tiga bagian penting yakni telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri dalam mengotimalkan pendengaran kita.”Telinga luar dan tengah masing-masing punya fungsi dengan memberikan energi mekanik (suara) yang diteruskan ke telinga dalam dan diubah menjadi energi listrik. Energi ini akan diteruskan ke otak ke pusat pendengaran. Dengan itu membuat kita mengerti yang orang katakan,” jelas Ratna.

Gangguan fungsi pada salah satu bagian telinga, jelas Ratna, akan menyebabkan pendengaran berkurang. Telinga punya peranan penting dalam hidup manusia. Organ ini tidak sekadar diperlukan dalam proses komunikasi. Dua peranan lain yang tak kalah pentingnya yakni untuk proteksi dan kenikmatan. “Bayangkan kalau ada klakson mobil atau motor dan kita tidak mendengar. Kan bisa bahaya. Atau kita ingin mendengar lagu-lagu yang kita senangi, tapi tak nggak bisa,” kata Ratna, yang juga menjabat Staf Departemen Telinga Hidung Tenggorok (THT) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Jadi, sudah sepantasnya kualitas pendengaran kita pertahankan guna keberlangsungan hidup sehingga berjalan baik dan berkualitas. Salah satunya yakni dengan menghindari telinga kita dari bunyi-bunyian yang bising. Hari Telinga yang jatuh pada 3 Maret nanti, sekiranya menyadarkan kita, sebagaimana organ tubuh lainnya, telinga punya peranan vital bagi hidup kita. Perhatikan dan rawatlah telinga Anda.

[Kompas.com]

Mungkin Anda sudah mengenal pemeriksaan kesehatan berdasarkan darah, urin, ataupun feses. Namun tahukah Anda, kuku jari yang merupakan salah satu bagian yang banyak menjadi perhatian wanita dengan manicure dan pedicure juga bisa menjadi petunjuk apakah Anda sehat atau tidak.

Bahan pembentuk dari kuku manusia adalah keratin protein yang banyak mengandung sulfur. Kuku juga merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang lembut dimana ujung syaraf-syaraf berada. Sedangkan kulit ari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindung dari kotoran.

Jika kuku Anda bewarna kemerah-merahan, ini disebabkan karena bagian kulit dibawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang kaya akan suplai darah. Namun berbagai keadaan bisa menyebabkan perubahan warna dan tekstur kuku, diantaranya :

  1. Cedera karena kejatuhan benda keras yang mengenai kuku jari. Hal ini bisa menyebabkan darah bergumpal di bawah kuku sehingga kuku tampak bewarna kehitaman.
  2. Cedera yang membentuk bintik atau garis putih pada kuku.
  3. Pemakaian sabun yang berlebihan. Beberapa jenis bahan kimia atau obat-obatan bisa menyebabkan kuku menjadi berbayang-bayang hitam, abu-abu, kuning atau coklat.
  4. Perubahan warna kuku juga bisa kerena infeksi jamur

Deteksi Penyakit Lewat Warna Kuku

Diagnosa penyakit lewat kuku sebenarnya sudah dilakukan banyak orang sejak zaman Hippocrates. Berikut ini beberapa perubahan warna kuku sebagai pertanda suatu penyakit :

  1. Pangkal kuku membiru : menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.
  2. Separuh bagian pada ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih : menandakan penyakit gagal ginjal.
  3. Kuku terlihat kusam dan terdapat kerutan horizontal : menandakan kekurangan gizi, gejala suatu penyakit campak, cacar air, gondok, jantung serta sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan/kaki diakibatkan sangat kedinginan).
  4. Lapisan merah membujur pada kuku : menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler, bila terdapat garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hypertensi).
  5. Kuku bewarna kekuning-kuningan : menandakan penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau bentuk pembengkakan di tangan (lymphedema).
  6. Kuku bewarna kekuning-kuningan disertai dengan pertumbuhannya lambat, tebal dan mengeras : menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.
  7. Kuku yang berwarna kehitaman : bisa jadi menandakan kanker kulit, karena itu harus selalu diperiksa untuk menentukan apakah itu merupakan melanoma (kanker kulit).
  8. Lingkaran sabit di kuku ibu jari berwarna merah muda : menandakan peredaran darah pankreas kurang baik dan bila fungsi pankreas menurun dapat menyebabkan seseorang mudah lesu,bisa berkembang menjadi kencing manis. Lingkaran sabit di kuku jari telunjuk berwarna merah muda : menandakan usus dan lambung lemah.
  9. Lingkaran sabit di kuku jari tengah berwarna merah muda : menandakan seseorang mudah terserang rasa gelisah, mengalami gangguan pada bagian organ dalamnya, tidur tidakbisa nyenyak, sering pusing dan sulit.
  10. Lingkaran sabit di kuku jarimanis berwarna merah muda : menandakan datang haid tidak normal merasa kepanasan atau kedinginan hingga mengganggu peredaran darah.
  11. Lingkaran sabit di kuku jari kelingking berwarna merah muda : menandakan kondisi jantung lemah.
  12. Kuku berbintik merah atau hitam : menandakan peredaran darah otak kurang baik.

Untuk mengetahui kesehatan tubuh secara keseluruhan, cobalah Anda memijat setiap kuku jari anda. Bila kuku menjadi merah setelah ditekan, berarti Anda memiliki peredaran darah dan organ tubuh yang baik. Namun jika kuku tidak segera memerah setelah di tekan, itu artinya peredaran darah Anda tidak lancar dan ada organ tubuh yang kurang sehat.

Sumber: conectique.com

1. Melingkari bumi dengan kaca pemantul sinar

Ketika anda sedang berada di pantai, anda mungkin ingin menghindari silaunya sinar matahari dengan memakai kacamata hitam atau sebuah topi. Beberapa ilmuwan mengusulkan strategi serupa dalam menurunkan pemanasan global: membuat sebuah cincin pemantul sinar matahari dan debua angkasa di orbit sekitar daerah khatulistiwa.

Ide ini akan menurunkan jumlah radiasi sinar matahari yang mengenai planet dan beberapa pemicu gas rumah kaca. Ide liar ini akan berbiaya sangat mahal, dengan potensi harga sekitar trilyunan dollar Amerika.

2. Mengisi laut dengan material besi

Ini adalah ide dasarnya: proses fotosintesis plankton memerlukan karbon dioksida dari udara untuk membuat makanan. Ketika plankton mati, mereka akan tenggelam ke dasar lautan bersama dengan karbon yang di hisapnya.

Karena besi merangsang pertumbuhan plankton, beberapa orang menyatakan untuk memupuk lautan dengan material besi untuk menciptakan banyak plankton yang dapat menghisap karbon dioksida.

Beberapa perusahaan swasta bergabung untuk menumpahkan besi ke dalam laut untuk menjual kredit karbon, tetapi para ilmuwan mempertanyakan seberapa efektifkah penyerapan karbon. Beberapa kelompok pecinta lingkungan juga memperingatkan bahwa besi dapat melukai ekosistem lokal.

3. Terus gerakkan dan campurkan lautan

Ahli lingkungan dan pakar masa depan James Lovelock, pencipta hipotesa Gaia, membuat skema yang lucu dalam mengatasi pemanasan global. Ide lovelock adalah menggunakan pipa untuk menstimulasi bercampurnya lautan-lautan di dunia, sampai ke kedalaman, air kaya nutrsi akan memberi makan kumpulan ganggang yang akan mengisap karbon dioksida dari atmosfir dan tenggelam bersama ganggang ke dasar lautan ketika mati. Tetapi metode ini hanya bersifat sementara, karena pemanasan akan terus terjadi.

4. Mengisi udara dengan belerang

Beberapa tipe aerosol atau penyegar udara, partikel-partikel kecil akan terperangkap di udara dan mengakibatkan efek pendinginan di atmosfir. Partikel-partikel ini akan menghalangi beberapa radiasi panas matahari dan menghamburkannya kembali ke angkasa.

Efek pendinginan pada iklim bumi biasanya dapat terlihat setelah letusan gunung berapi, yang mana memuntahkan berjuta-juta ton belerang ke dalam atmosfir. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa untuk mentetralkan pemanasan global, kita dapat meniru perilaku alam dengan menginjeksikan belerang ke dalam atmosfir. Satu masalah yang akan muncul adalah rencana ini akan mengakibatkan hujan asam.

5. Biarkan cacing berada di dapur

Cacing dapat berguna dengan meletakkan mereka ke dalam sampah organik yang selanjutnya berubah menjadi kompos.

6. Rubah pola makan

Jika orang Amerika banyak berjalan dan menghindari makan daging merah, kita dapat menurunkan emisi karbon dioksida dan menyerang epidemi kegemukan. Seorang ilmuwan telah menghitung bahwa jika semua orang Amerika berusia antara 10 sampai 74 tahun berjalan kaki setengah jam sehari sebagai pengganti naik mobil, maka itu akan memotong emisi karbon dioksida sebanyak 64 juta ton (dan juga beberapa kilogram berat tubuh).

Badan pangan PBB, Food and Agriculture Organization melaporkan bahwa industri daging merah bertanggung jawab atas 18% dari emisi gas, melalui penggunaan pupuk buatan, pupuk kandang dan energi yang diperlukan untuk transportasi pakan ternak dan daging merah.

7. Mengubur gas karbon

Ketika kita terus memanasi bumi dengan karbon dioksida, beberapa ilmuwan mengusulkan untuk menarik gas karbon dioksida yang berlebih dan menyimpannya ke suatu tempat, mungkin di bawah tanah, lapisan batu bara atau ladang gas dan minyak yang sudah kosong.

Untuk melakukannya, karbon dioksida harus di pisahkan dari pabrik, di kompresi dan di injeksikan ke bawah tanah, yang mana akan bertahan selama ribuan tahun. Masih terdapat beberapa pertanyaan mengenai biaya penyedotan karbon dioksida dari pabrik, dan masalah lingkungan terhadap bocornya gas dari dalam tanah.

8. Hidup dengan sampah

Ini bukan berarti anda harus berhenti membuang sampah setiap minggu dan memulai hidup di lautan tisu dan pembungkus makanan. Seorang ahli teknik dari University of Leeds di Inggris telah membuat material bangunan dari bahan limbah (seperti kaca daur ulang, abu bekas pembakaran).

Bitublocks ini dapat digunakan untuk membangun rumah. Selain itu dalam pembuatannya juga memakan energi lebih sedikit dibandingkan dengan pembuatan batako. Ilmuwan lain juga telah mengajukan proposal penggunaan material limbah dari peternakan unggas, seperti bulu ayam untuk membuat plastik ramah lingkungan.

9. Memotong emisi gas

Proposal untuk merubah polusi yang dihasilkan oleh pembangkit energi, membatasi jumlah karbon dioksida pada bisnis, industri atau negara, atau pengenaan pajak terhadap emisi gas akan membawa emisi ke level yang lebih rendah secara menyeluruh, dan banyak negara telah menandatangani secara sukarela janji untuk memotong emisi pada Protokol Kyoto. Beberapa negara bagian, terutama California, telah mendorong suatu regulasi untuk mengatasi karbon dioksida.

10. Membatasi penggunaan kantong plastik dan lampu pijar

Ini mungkin terdengar seperti keputusan yang terburu-buru, tetapi San Francisco, Cina dan Australia semua sudah menerapkannya. Cina menginginkan membersihkan negaranya dari “polusi putih” — kantong-kantong plastik yang menyumbat jalan dan pembuangan air.

Australia berharap memotong emisi gas rumah kaca dan menurunkan tagihan listrik rumah tangga dengan menghapus secara bertahap pemakaian lampu pijar. Beberapa ukuran telah meraih momentum-nya dalam tahun terakhir dengan campur tangan pemerintah dalam melawan sampah plastik dan lampu yang tidak efisien.

Tetapi sebelum anda khawatir mengenai bagaimana anda membawa barang grosir anda, terdapat beberapa alternatif seperti: kantong kertas daur ulang dan lampu neon yang lebih efisien.

LONDON (voa-islam.com) – Peneliti menemukan setiap 15 batang rokok yang dikonsumsi maka terjadi satu mutasi DNA dalam tubuh perokok tersebut. Bayangkan jika yang dikonsumsi lebih dari itu. Ini didapatkan setelah peneliti memetakan genetik dari pasien kanker paru-paru.

Peneliti dari Inggris yang melakukan studi ini mengidentifikasi 23.000 mutasi yang bertanggung jawab terhadap segala kerusakan akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam asap rokok.

Seperti diketahui semua kanker disebabkan oleh kesalahan dalam kode genetik (mutasi pada DNA) yang biasanya dipicu oleh lingkungan. Peneliti berharap penemuan ini bisa mengembangkan pengobatan baru.

Cacat genetik berasal dari perubahan satu hingga ratusan kode, perubahan ini bisa berupa penghapusan atau pengaturan ulang dari kode-kode tersebut. Tidak ada satu mutasi saja yang bisa menyebabkan suatu penyakit. Sebaliknya sebagian besar penyakit kanker terjadi akibat berbagai kombinasi yang terjadi.

“Pengetahuan ini diharapkan bisa berpengaruh dalam pengobatan di masa depan. Dengan bisa mengidentifikasi gen kanker, maka pengembangan pengobatan nantinya bisa dengan cara menargetkan gen-gen spesifik yang bermutasi,” ujar ketua penelitian Dr Peter Campbell dari Wellcome Trust Sanger Institute di Cambridgeshire, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (18/12/2009).

Penyakit kanker terjadi ketika suatu sel berperilaku tidak terkontrol sehingga tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya. Mutasi gen pemicu salah satunya disebabkan oleh asap rokok yang diwariskan kepada setiap generasi berikutnya misalnya sel anak, sehingga menyebabkan keturunan permanen ini bisa diturunkan.

Setiap 15 batang rokok yang dikonsumsi bisa menyebabkan terjadinya satu mutasi DNA dalam tubuh dan mutasi ini bisa terakumulasi. Peneliti mendapatkan seorang yang memiliki risiko kanker paru-paru bisa dikurangi risikonya menjadi seperti orang normal setelah berhenti merokok selama 15 tahun.

Para ilmuwan menduga bahwa sel paru-paru yang mengandung mutasi berbahaya ini akan diganti oleh sel-sel baru yang bebas dari cacat. Peneliti melakukan 60 kali sekuensing DNA (urutan penentuan basa nukleotida dalam satu fragmen DNA) untuk kanker paru-paru agar bisa memberikan hasil yang akurat.

Untuk penyakit kanker paru-paru paling banyak disebabkan oleh paparan asap rokok, karenanya penyakit ini tidak hanya menyerang perokok saja tapi juga orang-orang disekitarnya yang menjadi perokok pasif. Dengan ditemukannya urutan genom tersebut, maka bisa didapatkan cetakan dari gen bermutasi yang bisa menyebabkan tumor atau kanker.

Jika setiap 15 batang rokok yang dikonsumsi bisa menyebabkan satu mutasi DNA dalam tubuh, maka dalam beberapa tahun ke depan mutasi DNA ini akan terakumulasi dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Karena itu tidak ada salahnya untuk mulai berhenti merokok dari sekarang. [rojul/dtk]

Selama 100 tahun terakhir, paras muka air laut naik 1 meter, suhu permukaan bumi naik 1 derajat Celcius. Dunia kian dipadati manusia, lebih dari enam-setengah miliar jiwa. Perjuangan memenuhi kebutuhan hidup kian ganas. Industri wahana modernisani kian meluas dan kian rakus. Maka polusi pun kian kejam, khususnya ketika CO2 mengangkasa lalu merangsang tumbuhnya kubah raksasa yaitu efek rumahkaca, hingga pemanasan global (global warming) pun kian melelehkan es kedua kutub bumi. Maka menjadi tidak aneh ketika ribuan pakar dunia mengabarkan betapa cepatnya paras permukaan air laut naik. Menurut beberapa ahli pakar dunia mengatakan bahwa setiap kenaikan temperatur bumi 10 C, permukaan air laut naik 1 meter. Faktanya, selama 100 tahun terakhir, paras muka air laut telah naik 1 meter. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka bukan tidak mungkin pada tahun 2030-an sekitar 2000 pulau milik Indonesia tenggelam.

Pemanasan global yang saat ini terjadi bukan hanya mengancam kehidupan manusia di atas permukaan tanah namun juga mengancam ekosistem terumbu karang di bawah laut. Pada peristiwa El Nino tahun 1997/1998, suhu permukaan air laut naik secara tiba-tiba, menyebabkan terjadinya pemutihan karang secara massal dan mematikan sekitar 16% terumbu karang di seluruh dunia. Sebagian besar diantaranya adalah terumbu karang yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun.

Indonesia sebagai negara yang memiliki hutan cukup luas di dunia, sangat memainkan peran penting untuk bisa menjaga paru-paru dunia. Sejauh ini hutan di percaya sebagai paru-paru dunia yang dapat mengikat emisi karbon yang di lepas ke udara oleh pabrik-pabrik industri, kendaran bermotor, kebakaran hutan, asap rokok dan banyak lagi sumber-sumber emisi karbon lainnya, sehingga dapat mengurangi dampak pemanasan global. Namun sesungguhnya Indonesia yang 2/3 wilayahnya adalah lautan, juga memiliki fungsi dan peran cukup besar dalam mengikat emisi karbon bahkan dua kali lipat dari kapasitas hutan. Emisi karbon yang sampai ke laut, diserap oleh phytoplankton yang jumlahnya sangat banyak dilautan dan kemudian ditenggelamkan ke dasar laut atau diubah menjadi sumber energi ketika phytoplankton tersebut dimakan oleh ikan dan biota laut lainya.

Indonesia merupakan negara pengekspor karang hidup terbesar dunia. Tercatat 200 ribu karang pada 2002 sampai 800 ribu karang pada 2005 telah di ekspor dari Indonesia. Sementara sumbangan produksi terumbu karang Indonesia di sektor perikanan mencapai US$ 600 juta per tahun. Ini karena Indonesia terletak dalam jantung kawasan segitiga karang dunia (heart of global coral triangle). Lokasi ini menjadikan Indonesia memiliki jumlah jenis karang terbesar di dunia dari sekitar 700 jenis karang di dunia, 590 diantaranya ada di Indonesia. Disisi lain coral triangle memiliki fungsi penting bagi kehidupan manusia. lebih dari 120 juta orang hidupnya bergantung pada terumbu karang dan perikanan di kawasan tersebut. Coral triangle yang meliputi Indonesia, Philipina, Malaysia, Timor leste, Papua New Guinea dan Kepulauan Salomon ini, merupakan kawasan yang memiliki keanakaragaman hayati laut tertinggi di dunia khususnya terumbu karang.

Namun, pemanasan global juga membawa ancaman terhadap terumbu karang Indonesia, yang merupakan jantung kawasan segitiga karang dunia. Dampak dari naiknya suhu dan permukaan air laut yang terjadi pada akhir-akhir ini telah mengakibatkan 30% terumbu karang yang ada di Indonesia telah mengalami bleaching (pemutihan). Jika luas total terumbu karang yang ada di Indonesia 51.020 km2, terumbu karang yang mengalami pemutihan akibat pamanasan global ini sedikitnya telah mencapai 15.306 km2. Kondisi ini juga akan memberikan implikasi pada sosial ekonomi masyarakat sekitar dan pariwisata bahari.

Naiknya suhu dan permukaan air laut adalah dua kendala yang menjadi penyebab utama kerusakan dan kepunahan terumbu karang. Kedua kendala tersebut juga memberikan dampak serius pada ekologi samudera dan yang paling penting terumbu karang yang merupakan tempat tinggal berbagai macam mahluk hidup samudera. Hewan karang akan menjadi stres apabila terjadi kenaikan suhu lebih dari 2-3 derajat celcius di atas suhu air laut normal. Pada saat stress, pigmen warna (Alga bersel satu atau zooxanthellae) yang melekat pada tubuhnya akan pergi ataupun mati sehingga menyebabkan terjadinya bleaching (pemutihan). Sebanyak 70-80 persen karang menggantungkan makanan pada alga tersebut, jadi mereka akan mengalami kelaparan ataupun kematian. Bila karang memutih atau mati, rantai makanan akan terputus yang berdampak pada ketersediaan ikan dilaut dan ekosistem laut.

Terumbu karang dapat mengurangi dampak dari pemanasan global. Terumbu karang dengan kondisi yang baik memiliki fungsi yang cukup luas, yaitu memecah ombak dan mengurangi erosi; tempat cadangan deposisi kapur yang mengandung carbon; sebagai tempat berkembang-biak, mencari makan dan berlindung bagi ikan dan biota laut lainnya. Terumbu karang juga berfungsi mengurangi karbon yang lepas ke atmosfer sehingga dapat mengurangi kerusakan ozon. Tetapi pada terumbu karang dengan kondisi jelek terjadi pengurangan kapur yang mengakibatkan turunnya permukan terumbu karang. Sehingga gelombang laut tidak dapat lagi di pecah oleh terumbu karang yang letaknya menjadi jauh dibawah permukanan laut. Lambat laut, gempuran gelombang laut mengerus dataran rendah menjadi laut.

Salah satu usaha menghadapi ancaman pemanasan global adalah menjaga dan memelihara terumbu karang. Imam Bachtiar, salah seorang pemerhati terumbu karang sudah sering kali mengingatkan “Jika anda tidak memelihara terumbu karang di wilayah pesisir anda, cucu anda tidak dapat mewarisi tanah dan rumah anda sekarang, karena 100 tahun lagi akan menjadi laut. Akankah kita berdiam diri hingga prediksi ini benar-benar terjadi

Para pemerhati lingkungan juga melontarkan berbagai gagasan, ide dan saran kepada pengambil kebijakan untuk menjaga kondisi terumbu karang agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya ajakan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Friends of the Reef (FoR) di beberapa lokasi di Asia Pasifik. Misi utama FoR adalah mengasilkan stategi untuk meningkatkan daya tahan dan daya lenting terumbu karang agar mampu menghadapi ancaman pemanasan global.

Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia mengadakan pertemuan di Sydney dan telah mengumumkan sekaligus mengajak negara-negara di dunia, khususnya di kawasan Asia Pasifik untuk menjaga dan melindungi kawasan segitiga karang dunia yang dikenal dengan nama Coral Triangle.Indonesia dengan lima negara lainnya yaitu Philipina, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea and Kepulauan Salomon mengumumkan sebuah inisiatif perlindungan terumbu karang yang di sebut Coral Triangle Initiative (CTI). Inisiatif ini mendapat kesan positif dari negara- negara maju seperti Amerika Serikat dan Australia.

Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati laut, terutama terumbu karang melalui CTI sangat erat kaitannya dengan ketahanan pangan upaya mengurangi kemiskinan. Jika terumbu karang terjaga baik, maka sumber perikanan juga akan terus memberikan pasokan makanan bagi manusia.

Salah satu institusi yang mengembangkan program pengelolaan dan rehabilitasi terumbu karang adalah COREMAP yang menyampaikan informasi yang berimbang mengenai kondisi terumbu karang di Indonesia. Kemudian penggunaan slogan atau moto dalam program pengelolaan terumbu karang juga perlu mendapat perhatian khusus. Menjaga kelestarian terumbu karang bukan hanya menjadi tanggung jawab nelayan saja melainkan seluruh umat manusia di bumi ini.

Seharusnya mulai sejak sekarang kita peduli terhadap terumbu karang. Dengan menanamkan pendidikan kepada masyarakat luas (terutama yang tinggal di sepanjang garis pantai) mengenai fenomena ini melalui beberapa media seperti leaflet, booklet dan berbagai media komunikasi cetak lainnya perlu disebarkan ke masyarakat, termasuk melalui media eletronik, radio dan televisi. Kemudian adanya penegakan hukum dan partisipasi pesisir dalam menjaga keutuhan wilayah pesisir yang salah satunya dengan mengawasi dan menjaga aktifitas penambangan liar di daerah pesisir yang harus segera dihentikan. Dan yang paling penting untuk mengurangi dampak dari pemanasan global dengan kampanye tentang gas emisi dari macam-macam sumber yang ikut memperburuk kondisi ozon.

Mengupayakan kelestarian, perlindungan dan peningkatan kondisi ekosistem terumbu karang, terutama begi kepentingan masyarakat yang kelangsungan hidupnya sangat bergantung pada pemanfaatan ekosistem tersebut. Meningkatakan hubungan kerjasama antar institusi untuk dapat menyusun dan melaksanakan program-progam pengelolaan ekosistem terumbu karang berdasarkan keseimbangan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Manyusun tata ruang dan pengelolaan wilayah pesisir dan laut untuk mempertahankan kelestarian ekosistem terumbu karang dan kelastarian fungsi ekologis terumbu karang. Dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, penelitian, sistem informasi, pendidikan dan pelatihan dalam pengelolaan terumbu karang dengan meningkatkan peran sektor swasta dan kerjasama internasional merupakan. kebijakan umum dalam pengelolaan terumbu karang di Indonesia (oleh : Gus In)

Meski menghilangkan minus mata tanpa operasi masih jadi kontroversi, tapi terbukti banyak pengikut Dr Bates yang berhasil menurunkan minusnya. Dr William Bates adalah seorang spesialis mata yang telah meninggal dunia pada tahun 1931. Sang dokter yakin banyak orang yang sebenarnya tidak perlu menggunakan kacamata dengan cara melatih matanya. Panduan menurunkan minus yang dicatat dalam bukunya berjudul ‘Better Eyesight Without Glasses’, tentu saja bertentangan dengan praktik dokter mata saat ini. Mata minus saat ini hanya bisa turun atau hilang hanya dengan operasi mata seperti lasik.

Dr Bates menemukan teknik ini setelah melakukan percobaan selama bertahun-tahun. Dr Bates mengembangkan latihan untuk meningkatkan kemampuan mata agar bisa melihat normal dan menghilangkan ketegangan yang ada akibat kebiasaan melihat dengan buruk yang menjadi penyebab masalah penglihatan. Bukunya yang dipublikasikan pada tahun 1920, terus dijual hingga hari ini. Metode Bates tetap bermanfaat dan diikuti oleh ribuan orang di seluruh dunia.

Latihan-latihan ini didasarkan pada keyakinan bahwa secara alami mata bisa melihat dengan jelas. Setiap orang baik anak-anak maupun orang dewasa dapat belajar untuk melihat secara lebih baik lagi tanpa menggunakan kacamata. Latihan penglihatan ini bertujuan untuk mendidik mata sehingga bisa mengatur fokus agar lebih efisien atau disebut dengan ‘fiksasi sentral’. Otot-otot mata harus dapat bergerak bebas dan membuat penyesuaian kecil yang diperlukan untuk memusatkan obyek yang dilihat.

Mata menjadi tegang karena dalam posisi tetap ‘menatap’ objek daripada melakukan gerakan konstan. Latihan ini mengajarkan seseorang untuk mengendurkan otot-otot mata dan saraf optik serta menggunakan memori dan imajinasi untuk meningkatkan koordinasi antara mata dan otak. Latihan ini juga membantu mengatasi ketergantungan seseorang pada kacamata. Dasar dari terapi ini adalah keyakinan bahwa kombinasi dari tubuh, pikiran dan jiwa digunakan untuk melihat. Selain itu makanan, postur tubuh, stres dan kesehatan seseorang juga mempengaruhi penglihatan.

Seperti dikutip dari Eyehealthremedies, ada beberapa Metode Bates yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Bersembunyi

Latihan penglihatan ini membantu mata untuk rileks dan beristirahat.
Cobalah duduk dengan nyaman di depan meja kemudian taruh beberapa bantal hingga tingginya sejejer mata. Letakkan siku tangan di atas bantal tersebut kemudian tutup mata dengan dua telapak tangan hingga tidak ada cahanya yang masuk. Bernapaslah perlahan, santai dan membayangkan dalam kegelapan. Mulailah melakukan hal ini selama 10 menit sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

2. Menggoyangkan bola mata

Cobalah berdiri dan fokus pada titik yang jauh, lalu goyangkan bola mata dari kiri dan kanan atau sebaliknya sambil berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Berkedip berguna untuk membersihkan dan melumasi mata.

3. Memilih satu warna dalam satu hari

Pilihlah satu warna berbeda tiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warna daripada bentuknya.

4. Berjemur

Cobalah untuk melakukan hal ini sekali dalam sehari. Kegiatan ini membutuhkan hari yang cerah atau cahaya lampu yang bagus. Caranya tutup mata lalu lihat langsung ke matahari melalui mata tertutup. Sambil melihat matahari, perlahan-lahan gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai sejauh yang Anda bisa hingga hampir menyentuh pundak. Hal ini membantu membawa lebih banyak sirkulasi darah ke leher. Lakukan hal ini selama 3-5 menit.

5. Menggeser penglihatan

Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menatap layar komputer di depan wajahnya. Cobalah untuk menggeser penglihatan Anda pada tenunan kain di lengan baju, poster di dinding atau pohon di seberang jalan. Hal ini dapat membantu meningkatkan penglihatan periferal dan dapat membantu rabun jauh, rabun dekat dan masalah penglihatan lainnya. Bahkan pada beberapa kasus bisa menghilangkan katarak.

Dr William Bates memberikan tips agar saat melakukan senam mata melepaskan kacamata atau kontak lensa agar merasa lebih nyaman dan santai. Ketika melakukan latihan ini cobalah untuk sangat berkonsentrasi pada mata sehingga hasilnya lebih maksimal. (health.detik.com)

Pada abad ke-21 ini ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh manusia maju sangat pesat. Banyak penemuan-penemuan baru di berbagai bidang yang sebelumnya sulit untuk dipikirakan. Salah satu bidang yang berkembang sangat cepat adalah teknolgi informasi (TI). Berbagai produk dan jasa dalam bidang teknologi informasi mulai dari komputer pribadi, internet, lalu handphone sudah dinikmati oleh masyarakat luas.

Kekuatan inovasi teknologi yang disepadankan dengan teknologi informasi saat ini adalah bioteknologi. Bioteknologi modern ditandai dengan kemampuan manusia untuk memanipulasi kode genetik DNA, “cetak biru kehidupan”. Berbagai aplikasinya telah merambah berbagai sektor seperti kedokteran, pangan, dan lingkungan.

Ledakan informasi dari kemajuan bioteknologi seperti data sekuen DNA dari pembacaan genom, data sekuen dan struktur protein sampai kepada data transkripsi RNA berkat teknologi DNA chip, telah mendorong lahirnya Bioinformatika yang digunakan untuk mengorganisasi dan menganalisis data-data tersebut menjadi sebuah informasi biologis yang bermakna. Bermacam database telah dibuat dan banyak perangkat lunak telah diciptakan yang menunjukkan trend kepada spesialisasi tujuan. Walaupun negara berkembang seperti Indonesia kurang dapat berpartisipasi dalam eksperimen bioteknologi yang padat informasi untuk pengumpulan informasi dalam database-database itu, peluang untuk memanfaatkannya melalui Bioinformatika terbuka lebar karena sifatnya yang terbuka.

Aplikasi TI dalam bidang biologi/life sciences yang melahirkan bidang Bioinformatika

akan menjadi semakin penting di masa depan, tidak hanya mengmpercepat kemajuan bioteknologi namun juga menjembatani dua bidang baru tersebut (TI & bioteknologi). Dalam makalah ini dibahas perkembangan Bioinformatika di dunia dengan didahului oleh latar belakang “ledakan” informasi dalam bioteknologi, kemudian ditutup dengan prediksi prospek Bioinformatika di Indonesia melalui pertanyaan “dari mana kita harus mulai?”

Bioteknolgi Modern

Bioteknologi modern lahir tahun 70-an diawali dengan inovasi beberapa ilmuwan AS yang mengembangkan teknologi DNA rekombinan. Berkat penemuan ini lahirlah perusahaan bioteknologi pertama di dunia, Genentech di AS yang segera memproduksi protein hormon, insulin yang dibutuhkan penderita diabetes, dalam bakteri. Selama ini insulin hanya bisa didapatkan dalam jumlah sangat terbatas dari organ pankreas sapi. Sebagaimana TI, saat ini produk bioteknologi telah mengimbas bahkan kepada kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat seperti pangan dan kesehatan.

Ciri dari bioteknologi modern tadi adalah kemampuan pada manipulasi DNA. Rantai/sekuen DNA yang mengkode protein disebut gen. Gen itu ditranskripsikan menjadi mRNA yang selanjutnya mRNA ditranslasikan menjadi protein. Protein sebagai produk akhir bertugas menunjang seluruh proses kehidupan antara lain sebagai katalis reaksi biokimia dalam tubuh (protein ini disebut enzim), ikut serta dalam sistem pertahanan tubuh melawan virus atau parasit (disebut antibodi), menyusun struktur tubuh dari ujung kaki (otot terbentuk dari protein actin dan myosin) sampai ujung rambut (rambut tersusun dari protein keratin), dan lain-lain. Arus informasi, dari DNA ke RNA, lalu ke Protein, inilah yang disebut pemikiran utama dalam biologi.

Hanya 20-an tahun sejak bioteknologi modern lahir, terjadilah ledakan data biologis yang mencengangkan. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi biologi molekuler itu sendiri (misalnya DNA rekombinan dan PCR) dan ditunjang dengan peralatan yang memadai membuat waktu dan biaya lebih pendek/murah. Ledakan awal dimulai dari data DNA. Tahun 1977 untuk pertamakalinya sekuen DNA satu organisme dibaca secara menyeluruh yaitu pada sejenis virus yang memiliki kurang lebih 5.000 nukleotida/molekul DNA atau sekitar 11 gen.

Sekarang sudah ada milyaran data nukleotida tersimpan dalam database DNA, GenBank di AS yang didirikan tahun 1982. Sekuen seluruh DNA manusia yang terdiri dari 3 milyar nukleotida dirampungkan dalam waktu 3 tahun. Di Indonesia, dengan membayar $15, kita bisa membaca sekuen 500-an nukleotida di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Jakarta. Trend yang sama juga nampak pada database lain seperti database sekuen asam amino penyusun protein dan database struktur 3D protein.

Inovasi teknologi DNA chip yang dipelopori oleh perusahaan bioteknologi AS, Affymetrix di Silicon Valley telah mendorong munculnya database baru mengenai RNA. Dengan ini, riset tidak dilakukan lagi satu persatu terhadap molekul (DNA/RNA/protein) yang diminati, namun pada keseluruhan/satu set masing-masing molekul (untuk DNA dari gen ke genom, untuk RNA disebut transkriptom dan proteom untuk protein).

Perkembangan Bioinformatika di Dunia

Ledakan data/informasi biologi itu yang mendorong lahirnya Bioinformatika. Karena Bioinformatika adalah bidang yang relatif baru, masih banyak kesalahpahaman mengenai definisinya. Komputer sudah lama digunakan untuk menganalisa data biologi, misalnya terhadap data-data kristalografi sinar X dan NMR (Nuclear Magnetic Resonance) dalam melakukan penghitungan transformasi Fourier. Bidang ini disebut sebagai Biologi Komputasi.

Bioinformatika muncul atas desakan kebutuhan untuk mengumpulkan, menyimpan dan menganalisis data-data biologis dari database DNA, RNA maupun protein tadi. Untuk mewadahinya beberapa jurnal baru bermunculan (misalnya Applied Bioinformatics), atau berubah nama seperti Computer Applications in the Biosciences (CABIOS) menjadi BIOInformatic yang menjadi official journal dari International Society for Computational Biology (ICSB). Beberapa topik utama dalam Bioinformatika dijelaskan di bawah ini.

Keberadaan database adalah syarat utama dalam analisa Bioinformatika. Database informasi dasar telah tersedia saat ini. Untuk database DNA yang utama adalah GenBank di AS. Sementara itu bagi protein, databasenya dapat ditemukan di Swiss-Prot (Swiss) untuk sekuen asam aminonya dan di Protein Data Bank (PDB) (AS) untuk Per tumbuhan data nuk leot ida/basa DNA dalam GenBank. Data yang berada dalam database itu hanya kumpulan/arsip data yang biasanya dikoleksi secara sukarela oleh para peneliti, namun saat ini banyak jurnal atau lembaga pemberi dana penelitian mewajibkan penyimpanan dalam database.

Trend yang ada dalam pembuatan database saat ini adalah isinya yang makin spesialis . Misalnya untuk protein struktur, ada SCOP dan CATH yang mengklasifikasikan protein berdasarkan struktur 3D-nya, selain itu ada pula PROSITE dan Blocks, yang berdasar pada motif struktur sekunder protein.

Setelah informasi terkumpul dalam database, langkah berikutnya adalah menganalisis data. Pencarian database umumnya berdasar hasil alignment/pensejajaran sekuen, baik sekuen DNA maupun protein. Metode ini digunakan berdasar kenyataan bahwa sekuen DNA/protein bisa berbeda sedikit tetapi memiliki fungsi yang sama. Misalnya protein hemoglobin dari manusia hanya sedikit berbeda dengan yang berasal dari ikan paus. Kegunaan dari pencarian ini adalah ketika mendapatkan suatu sekuen DNA/protein yang belum diketahui fungsinya maka dengan membandingkannya dengan yang ada dalam database bisa diperkirakan fungsi daripadanya.

Algoritma untuk pattern recognition seperti Neural Network, Genetic Algorithm dll telah dipakai dengan sukses untuk pencarian database ini. Salah satu perangkat lunak pencari database yang paling berhasil dan bisa dikatakan menjadi standar sekarang adalah BLAST (Basic Local Alignment Search Tool). Perangkat lunak ini telah diadaptasi untuk melakukan alignment terhadap berbagai sekuen seperti DNA (blastn), protein (blastp), dsb. Baru-baru versi yang fleksibel untuk dapat beradaptasi dengan database yang lebih variatif telah dikembangkan dan disebut Gapped BLAST serta PSI (Position Specific Iterated)-BLAST. Sementara itu perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan alignment terhadap sekuen terbatas di antaranya yang lazim digunakan adalah CLUSTAL dan CLUSTAL W.

Data yang memerlukan analisis bioinformatika dan cukup mendapat banyak perhatian saat ini adalah data hasil DNA chip. Menggunakan perangkat ini dapat diketahui kuantitas maupun kualitas transkripsi satu gen sehingga bisa menunjukkan gen-gen apa saja yang aktif terhadap perlakuan tertentu, misalnya timbulnya kanker, dll. mRNA yang diisolasi dari sampel dikembalikan dulu dalam bentuk DNA menggunakan reaksi reverse transcription. Selanjutnya melalui proses hibridisasi, hanya DNA yang komplementer saja yang akan berikatan dengan DNA di atas chip. DNA yang telah diberi label warna berbeda ini akan menunjukkan pattern yang unik. Berbagai algoritma pattern recognition telah digunakan untuk mengenali gen-gen yang aktif dari eksperimen DNA chip ini, salah satunya yang paling ampuh adalah Support Vector Machine (SVM).

Bioinformatika pada saat ini sudah menjadi bisnis salah satu besar di dunia. Perusahaan bioteknologi yang menghasilkan data besar seperti perusahaan sekuen genom, senantiasa memerlukan bagian analisa Bioinformatika. Produk Bioinformatika pun sudah dipatenkan baik di AS, Eropa maupun Asia.

Berdasar jenisnya produk yang dipatenkan itu bisa dibagi menjadi tiga yaitu perangkat lunak Bioinformatika, termasuk diantaranya adalah perangkat lunak pencarian database dengan contoh misalnya paten no. 6,125,331 di AS berjudul “Structural alignment method making use of a double dynamic programming algorithm”. Metode Bioinformatika ini menggunakan analogi metode bisnis telah dapat dipatenkan di AS seperti pada kasus pematenan Amazon.com, sebagai contoh adalah paten no. 6,125,383 di AS tentang “Research system using multi-platform object oriented program language for providing objects at runtime for creating and manipulating biological or chemical data”, terakhir produk Bioinformatika itu sendiri yaitu informasi biologis hasil analisisnya.

Dari Mana Kita Mulai

Di Indonesia Bioinformatika masih belum dikenal oleh masyarakat luas. Di kalangan peneliti sendiri, mungkin hanya para peneliti biologi molekuler yang sedikit banyak mengikuti perkembangannya karena keharusan menggunakan perangkat-perangkat Bioinformatika untuk analisa data.

Sementara itu di kalangan TI masih kurang mendapat perhatian. Ketersediaan database dasar (DNA, protein) yang bersifat terbuka/gratis merupakan peluang besar untuk menggali informasi berharga daripadanya. Sudah disepakati, database genom manusia misalnya akan bersifat terbuka untuk seluruh kalangan. Dari database tersebut bisa digali gen-gen yang memiliki potensi kedokteran/farmasi. Dari sinilah Indonesia dapat ikut berperan mengembangkan bioinformatika. Kerjasama antara peneliti bioteknologi yang memahami makna biologis data tersebut dengan praktisi IT seperti programmer akan sangat berperan dalam kemajuan Bioinformatika Indonesia nantinya.